Thursday 1 May 2014

Aircraft Technician (Teknisi Pesawat Terbang)

   
        Beberapa dari kita khususnya yg menempuh pendidikan di SMK Penerbangan mungkin berkeinginan menjadi Aircraft Technician. Tapi seperti halnya saya ketika di bangku sekolah ,sering terbersit pertanyaan Bagaimana untuk menjadi Aircraft Technician.,??
Apa yg harus saya lakukan untuk menjadi Aircraft Technician.,??



        Nah oleh sebab itu dalam coretan saya hari ini saya ingin berbagi informasi tentang apa-apa saja syarat menjadi Aircraft Tecnician. Untuk menjadi Aircraft Tecnician seseorang harus memiliki  Basic Licence yg diterbitkan sesuai negara tempat ia bekerja misalnya ; DKUPPU (Indonesia), EASA (Europe) dan FAA (America) dan lain-lain.

         Apa itu Basic Licence.,??  Basic Licence adalah personal sertificate yg menyatakan seseorang telah layak,mengerti dan mampu melakukan suatu perawatan pada pesawat terbang sesuai bidangnya. Basic Licence di Indonesia dikategorikan menjadi 2 ;
- A&C untuk servicing category
- B&D untuk overhoul category

- A = Airframe Powerplant
- B = Overhaul Airframe Powerplant
- C = Electrical Instrument
- D = Overhaul Electrical Instrument

            Bagaimana cara memperoleh Basic Licence.,?? Sesuai aturan dari DKUPPU untuk mendapatkan Basic Licence harus memenuhi 3009,5 jam teori dan sekian jam praktik. Nah untuk teori tersebut dapat diperoleh dari Akademi misalnya STPI,ATKP. atau melalui BAM (Basic Aircraft Maintenance).
            BAM ini sendiri merupakan suatu wadah pelatihan yg telah di-approve oleh DKUPPU,beberapa perusahaan yg memiliki BAM antara lain PT.GMF.AeroAsia dan PT.Lion Air (group). Namun selain melalui pendidikan Basic Licence dapat juga diperoleh dengan langsung mengajukan ujian jika telah memenuhi experience sesuai waktu yg ditentukan oleh pihak authority.


             Basic Licence menjadi syarat mutlak yg harus dimiliki oleh setiap Teknisi hal ini dimaksudkan untuk menjaga keselamatan dari setiap pekerjaan,penumpang,dan lingkungan.

(Catatan Penulis)

No comments:

Post a Comment