Sunday 8 June 2014

Prinsip Pengukuran Tekanan Atmosfir

Aerodynamic Principle 1

Explain How to Measure of Atmosphere Pressure



             Berhubung besok praktek Aerodynamic maka hari ini saya mw bahas tentang "how to measure of atmosphere pressure ?". Ok kita mulai.,!!

             Tekanan atmosfir tidak sama disetiap wilayah hal ini tergantung ketinggian daerah tersebut,dan sebagai acuannya sea level. Nah pressure ini sendiri adalah "mass of the gaseous molecules acting under force of gravity on a given area"(tekanan yg terjadi pada suatu area). Pressuer = Force/Area


            Pada dasarnya atmosphere pressure diukur dengan "Principle of the Mercury Barometer".Bagaimana cara kerjanya? seperti yang anda lihat pada gambar (prinsipnya hampir seperti prinsip tabung "U" dimana tekanan yg diterima suatu fluid diteruskan kesegala arah). Nah seperti itulah yg terjadi ketika Tekanan Atmosfir menekanan kesegala arah sama besar,tekanan ini diterima dan menahan mercury yg seperti sifat fluid lain yg cenderung mengalir ketempat yg lebih rendah,sedangkan didalam tabung tidak ada udara (vacuum). 

             Nah nilai besarnya penurunan mercury yg tertahan oleh tekanan atmosfir inilah yg kemudian dijadikan parameter tekanan atmosfir. Cara sederhana ini cukup presisi meskipun pada praktenya lebih kompleks.

              Berdasarkan perhitungan tersebut maka ISA (International Standard of Atmosphere) menetapkan pressure pada sea level sebesar 1013.25mb atau 14.7psi atau 29.92 in Hg atau 760 mm Hg. Pressure ini akan menurun seiring kenaikan ketinggian (pada lapisan atmosfir tertentu). Selain berdasarkan kenaikan altittude (ketinggian) pressure juga berbeda dengan temperature berbeda dimana "pressure altittude above warm air is lower than the pressure altittude above cold air". Nb ; pressure altittude adalah ketinggian pada pressure tertentu sesuai ISA.

             Contoh pressure di puncak mount everest adalah 300.9mb sehingga pressure altittude adalah 30,000ft (diasumsikan dengan tanpa memperhatikan temperatur).
           
              Apakah pesawat terbang juga menggunakan alat ini.,?? Tidak,namun prinsipnya hampir sama,pesawat terbang menggunakan alat yg disebut Altimeter dimana cara kerjanya menggunakan perbandingan tekanan dinamis dengan statis.




(catatan penulis)

No comments:

Post a Comment