Sunday 28 September 2014

Hukum Dasar Pesawat Terbang

      Sebagai orang yg bekerja atau belajar di dunia penerbangan pastinya sering menjumpai pertanyaan-pertanyaan seperti :
-      Kenapa pesawat bisa terbang.,??
-      Apa yg terjadi ketika udara masuk kedalam          Engine.,??
-      Apa ada dasar hukum yg menjelaskan itu.,
-      Dan sebagainya.,

        Apalagi pertanyaan semacam ini hampir dipastikan ditanyakan ketika tes wawancara untuk menjadi Aircraft Technician. Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang “Hukum Dasar Pesawat Terbang”. Semoga bisa menjawab pertanyaan diatas.,

Hukum Newton

Newton I : Suatu benda yg dalam keadaan diam akan tetap diam dan benda yg bergerak dalam kecepatan konstan dalam satu garis lurus akan tetap bergerak jika tidak ada gaya dari luar yg mempengaruhinya. Hukum ini biasa disebut hukum kelembaman.

Newton II : Suatu benda yg bergerak teratur kemudian mendapat pengaruh gaya lain maka gerak dan arahnya berubah sebanding dengan gaya yang mempengaruhinya. Hukum ini biasa disebut percepatan . dimana Force = Mass x Acceleration.
          “Nah inilah yg terjadi pada udara masuk kedalam engine,dimana udara masuk dipercepat sehingga pesawat dapat melenggang diudara”.

Newton III : Setiap aksi akan menimbulkan reaksi sama besarnya dengan arah berlawanan. Atau biasa dirumuskan Action = - Reaction.


Hukum Bernoully

         Hukum ini pertama kali dikemukakan oleh Daniel Bernoully,dimana dikatakan bahwa massa udara yg melalui saluran convergent dan divergent,jumlah tekanan total/tekanan total adalah sama.,

Convergent : tekanan dan temperature menurun, kecepatan meningkat.

Divergent : tekanan dan temperature naik,kecepatan berkurang.

            Disamping kedua hukum tersebut mungkin masih banyak hukum lain seperti hukum Pascal yg diaplikasikan untuk Hydraulic System dan hukum-hukum lain yang mungkin akan saya ulas dikesempatan yg akan datang. Terimakasih.

(catatan penulis ;EASA part-66 Module)


No comments:

Post a Comment